Pengertian Etika Dan Moral Beserta Perbedaannya Menurut Para Ahli

  Pengertian Etika Dan Moral Beserta Perbedaannya Menurut Para Ahli- etika dan moral merupakan suatu yang berhubungan erat dan juga sangat penting bagi kehidupan bermasyarakat terutama berbangsa dan ber sosial. sehingga etika dan moral tentunya harus kita bangun sejak dini dari lingkungan masyarakat sekeliling kita
Mungkin sudah banyak yang menganggap bahwa etika dan moral adalah sesuatu yang sama. namun pada hakikatnya nya berbeda. Nah untuk mengetahui perbedaannya dengan jelas Berikut ini akan kami sajikan informasi mengenai pengertian etika dan moral beserta perbedaannya.


Pengertian etika.
  Etika secara etimologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu "ethos" yang berarti kebiasaan adat. Istilah etika pertama kali diperkenalkan oleh filsuf Yunani. "Aristoteles" lewat karyanya yang berjudul Etika Nicomachiea. buku tersebut berisi tentang ukuran ukuran perbuatan.

  Asal kata Etika ialah Ilmy, yang mempelajari tentang kebiasaan manusia. tetapi dalam perkembangannya ilmu etika tidak hanya membahas kebiasaan-kebiasaan manusia saja, tetapi juga membahas lebih tentang kebiasaan adat yang berdasarkan pada suatu yang sangat melekat pada kodrat manusia. jadi bisa dikatakan bahwa etika adalah kebiasaan-kebiasaan dalam arti moral atau keasusilaan. Nah oleh sebab itu?. etika sering diartikan sebagai ilmu tentang benar atau salahnya dalam tingkah laku manusia sehari-hari.

  Beberapa literatur mengatakan bahwa Etika itu sendiri merupakan cabang dari suatu filsafat yang mempelajari pandangan persoalan yang sangat berhubungan dengan masalah moral atau kesusilaan. sehingga hanya dapat disebut bahwa etika ialah penyelidikan yang dilaksanakan secara bijaksana atau penyelidikan filosofi terhadap kewajiban manusia dari segala hal yang baik dan buruk.

Pengertian moral.
  Moral menurut Wikipedia bahasa Inggris. moral sangatlah sederhana. yaitu Pesan yang disampaikan atau dipelajari yang bisa dipetik dari suatu kisah ataupun peristiwa. sedangkan pengertian moral menurut beberapa sumber adalah sebagai berikut.

  • Kamus psikologis (chaplin, 2016) moral ialah akhlak yang sesuai dengan peraturan sosial atau yang menyangkut hukum adat kebiasaan yang bisa mengatur tingkah laku manusia.
  • Dian ibung. Moral ialah nilai yang berlaku di dalam suatu lingkungan sosial yang bisa mengatur tingkah laku seseorang.
  • Imam Sukardi. Moral ialah kebaikan yang disesuaikan dengan ukuran tindakan yang diterima oleh masyarakat umum. masyarakat umum itu sendiri meliputi kesatuan sosial lingkungan tertentu. pengertian moral di sini selalu berhubungan dengan adat istiadat suatu masyarakat.
  • Maria assumpta. Moral ialah aturan-aturan yang mengenai sikap dan perilaku manusia.
  • Zainuddin Syaifulloh Nainggolan. Moral ialah suatu kondisi rohani guna melaksanakan seperangkat standar norma yang mengatur tingkah laku seseorang dalam bermasyarakat. pengertian moral ini sangat berkaitan dengan akhlak manusia atau fitrah manusia yang diciptakan memang dengan kemampuan untuk membedakan mana yang baik dan yang buruk.
  • Hurlock (edisi ke-6 1990) perilaku moral merupakan perilaku yang sesuai dengan kode moral kelompok sosial. moral sendiri yang berarti tata cara, kebiasaan. adat. perilaku moral yang dikendalikan oleh konsep-konsep yang telah menjadi kebiasaan bagi anggota suatu budaya.

Secara lebih jelas perbedaannya adalah sebagai berikut:

  • Etika tidak mutlak tapi lebih baik jika dimiliki. Sedangkan Moral adalah kewajiban yang mutlak wajib dimiliki oleh manusia,
  • Etika kurang pas jika dikatakan untuk seseorang yang melakukan perbuatan baik, karena Etika itu sendiri adalah sebuah studi. sedangkan Moral lebih tepat, karena moral lebih mengarah ke sifat manusia tersebut.
  • Moral sifatnya normatif imperatif sedangkan etika bersifat normatif sistematis (filosofis).
  • Kebanyakan masyarakat kelas menengah kebawah memiliki moral tapi jarang memperhatikan etika. etika pada umum nya dipikirkan oleh pemerintah seperti DPR. Oleh karena nya mereka membuat peraturan untuk menyesuaikan kebiasaan dalam melakukan ke pemerintahannya.

Nah Sudah fahamkan mengenai Pengertian Etika Dan Moral Beserta Perbedaannya, dan semoga artikel ini dapat membantu pemahaman anda sekalian, selamat bertemu pada artikel berikut nya

0 Response to "Pengertian Etika Dan Moral Beserta Perbedaannya Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel