Pengertian Batasan Geografi Dan Ruang Lingkup Geografi Menurut Para Ahli

Pengertian dan batasan geografi.

  Istilah geografi berasal dari bahasa Yunani. Geo yang berarti bumi dan graphien yang berarti tulisan. secara harfiah, geografi berarti tulisan tentang bumi. Oleh sebab itu geografi sering disebut ilmu bumi. namun yang dipelajari dalam geografi tidak hanya mengenai bumi saja, tetapi juga berbagai hal yang ada di permukaan bumi ini. hingga benda-benda di ruang angkasa. penjelasan diatas perlu diperluas dan dilengkapi lagi, sehingga dapat mencakup semua hal yang dikaji dalam studi geografi.

  Geografi dapat didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari dan mengkaji segala sesuatu yang ada di permukaan bumi. contohnya penduduk, flora, fauna, iklim, udara, dan segala interaksi mengenai bumi. definisi tersebut belum sempurna, tetapi sudah cukup sebagai pegangan awal untuk mengetahui Hakikat studi geografi. dengan kata lain, geografi merupakan studi tentang gejala-gejala yang ada di permukaan bumi secara keseluruhan dalam ruang lingkup interaksi dan keruangan. tanpa mengabaikan setiap gejala yang merupakan bagian dari keseluruhan tersebut.

Ruang lingkup geografi.

  Pada Gambar disamping terlihat dengan jelas bahwa ruang lingkup studi geografi sangat luas karena mencakup segala sesuatu yang ada di bumi. di permukaan bumi, Den di ruang angkasa. Oleh karena itu tidak mungkin bisa dikuasai hanya dalam satu bidang ilmu saja. hal ini bisa menyebabkan munculnya berbagai disiplin ilmu yang merupakan cabang dari geografi.

  Secara garis besar, objek keseluruhan yang dikaji geografi bisa dibedakan atas dua aspek utama. yaitu aspek fisik dan aspek sosial. aspek fisik meliputi aspek kimiawi, biologis, astronomis, dan sebagainya. aspek sosial meliputi aspek antropologi, ekonomis, politis dan lain sebagainya. Perhatikan gambar dibawah ini.


  Pada gambar di atas dapat kita lihat hubungan erat geografi dengan berbagai disiplin ilmu lain. gambar tersebut juga mencerminkan bahwa interaksi geografi dengan ilmu-ilmu lain melahirkan disiplin ilmu baru.
  Contoh disiplin ilmu baru hasil interaksi ilmu geografi dengan ilmu lain adalah sebagai berikut.

  • Interaksi antara Geografi dan Biologi melahirkan biogeografi.
  • Interaksi antara geografi dengan matematika bisa melahirkan geografi-matematika.
  • Interaksi antara geografi dan antropologi juga melahirkan antropogeografi dan etnogeografi.

  Berdasarkan teori lingkungan hidup, bumi dikelompokkan menjadi tiga (3) lingkungan, yaitu sebagai berikut:

  1. Lingkungan sosial (Social environment) merupakan segala sesuatu yang ada disekitar manusia berwujud tindakan atau aktivitas manusia. baik dalam hubungannya dengan lingkungan alam maupun interaksi antar manusia.
  2. Lingkungan biologis (Biological environment) atau lingkungan biotik, merupakan segala sesuatu yang ada disekitar manusia berupa makhluk hidup, seperti binatang, tumbuh-tumbuhan dan manusia itu sendiri.
  3. Lingkungan fisik (Physical environment) atau lingkungan abiotik. merupakan segala sesuatu yang ada disekitar manusia berupa benda tak hidup, Contohnya seperti tanah, udara, sinar matahari dan air.

  Ketika lingkungan itu dapat diilustrasikan seperti pada gambar dibawah ini.


  Berkaitan dengan teori lingkungan, William Kirk juga Menyusun struktur lingkungan geografi yang digolongkan menjadi lingkungan fisik dan lingkungan non fisik. untuk lebih jelasnya Anda bisa memperhatikan gambar dibawah ini.

  Mungkin hanya itulah yang bisa kami tulis semoga bermanfaat untuk kalian. sampaijumpa pada artikel berikut nya

0 Response to "Pengertian Batasan Geografi Dan Ruang Lingkup Geografi Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel