Inilah Pengertian Tari Serimpi Dari Istana indah Yogyakata Dan Sejarah Berkembangnya Tarian Serimpi Yang Di Mainkan Sampai Kini

Tari Serimpi adalah tarian tradisional yang berasal dari Jawa tengah (yogyakarta). tariserimpi ini diperagakan oleh empat orang penari yang di mainkan kaum wanita. jumlah ini sesuai dengan artikata yang berarti 4. Komposisi 4 penari menjadi simbol dari 4 penjuru mata angin, yaitu, Toya (air), Grama (api), Angin (udara), dan Bumi (tanah). sedangkan nama peranan nya Batak, Gulu, Dhada dan buncit Yang mempunyai lambang pendopa.

Sejarah Tari serimpi itu sendiri berawal dari masa antara 1613-1646. Dan tarian ini di anggap sangat sakral, karena tarian serimpi hanya di pentaskan dalam lingkungan keraton, sebagai ritual kenegaraan sampai kenaikan Tahta Sultan. Nama Serimpi itu sendiri oleh Dr.Priyono di kaitkan dengan akar kata "impi" atau mimpi, sebutan bunga tidur. yang berarti lemah gemulai tarian serimpi dan biasa di mainkan selama kurang lebih satu jam. itu juga sudah di anggap mampu membawa para pemirsa ke alam lain (mimpi)


Walaupun sudah tercipta sejaklama sekitar tahun 1970-an. karena tarian ini di anggap sakral dan hanya di pentaskan dalam lingkungan keraton dan itupun hanya acara tertentu. Tarian serimpi hanya hidup di lingkungan istana Yogyakarta, yang menjadi seni adhiluhur serta di anggap pusaka keraton.

Seiring perkembangan waktu dan saat kerajaan mataram pecah menjadi kesultanan Yogyakarta dan kesultanan Surakarta pada tahun 1775. tari serimpi tersebut terbagi menjadi dua aliran yakni gaya kesultanan Yogyakarta, dan gaya kesultanan Surakarta. tari Serimpi di kesultanan Yogyakarta terbagi menjadi tiga (3) yaitu. Serimpi babul layar, Serimpi Dhempel. Serimpi Genjung. Sedangkan Pada kesultanan Yogyakarta di golongkan menjadi Dua (2) yaitu: Serimpi Anglir Mendung dan Serimpi Bondan.

Sebagai Tarian klasik dikalangan istana Yogyakarta, tari serimpi di anggap sebagai pusaka keraton dan telah menjadi seni adhiluhur. Tema yang di tampilkan pada tari serimpi menggambarkan pertikaian antara dua hal yang sangat bertentangan, seperti. Baik dan buruk, Benar dan salah, Akal dan nafsu manusia, Expresi peperangan dalam tarian tersebut sangat terlihat jelas dalam gerakan yang sama dari pasangan prajurit, dan di tunjang lagi seperti properti berupa senjata antara lain keriskecil, celurit, jebeng, tombak, pistol dan jemparing.

Pakaian yang di gunakan Tari Serimpi Mengalami perkembangan. jika awal nya tari serimpi menggunakan pakaian manten putri keraton Yogyakarta dan memakai Dodotan serta gelung bokornya sebagai motif hiasan kepala. namun sekarang beralih ke baju tanpa ada lengan dan menggunakan hiasan kepala yang berjumbai bulu Burung Kasuari serta gelung berhiaskan bungaceplok.Karateristik pada penari serimpi adalah keris yang di selipkan di depan menyilang ke kekiri. penggunaan keris dalam tari serimpi merupakan motif karateristik tari serimpi yang menggambarkan pertikaian antara dua hal yang bertentangan atara baik dan buruk, benar dan salah, akal dan nafsu manusia.

0 Response to "Inilah Pengertian Tari Serimpi Dari Istana indah Yogyakata Dan Sejarah Berkembangnya Tarian Serimpi Yang Di Mainkan Sampai Kini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel