Inilah Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Ideologi terbuka Menurut Para Ahli

Pancasila ialah, ideologi dasar negara Indonesia yang berasal dari ajaran budha dalam kitab tripitaka, yang terdiri dari 2 kata: "panca" yaitu "lima" dan "syila" yang memiliki arti "dasar". Jadi, Pancasia memiliki makna "5 aturan" tingkah laku yang penting. Adanya kata Pancasila sudah sejak lama dikenal yaitu sejak zaman kerajaan Majapahit dan Sriwijaya dimana terdapat sila-sila yang ada dalam Pancasila sudah diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat ataupun dikalangan kerajaan meskipun sila-sila tersebut belum untuk dirumuskan secara konkri


Pengertian pancasila 
  Pengertian pancasila sebagai dasar negara Republik indonesia

  Pancasila adalah, sebagai dasar negara seperti yang di maksud dalam pembukaan UUD 1945 Alinea ke IV(4) yang dengan jelas menyatakan, kurang lebihnya sebagai berikut.
"Kemudian Daripada Itu Untuk Membentuk Suatu Pemerintahan Negar Indonesia Yang Melindungi Segenap Bangsa Indonesia Dan Seluruh Tumpah Darah Indonesia Dan Untuk Memajukan Kesejah Teraan Umum Serta Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, Serta Ikut Dalam Melaksanakan ketertiban Dunia yang Berdasarkan Kemerdekaan, Perdamaian Abadi Serta Keadilan Sosial, Maka Disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Itu Dalam Suatu Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Yang terbentuk Dalam Suatu Susunan Negara Republik Indonesia Yang Berkedaulatan Rakyat Dengan Berdasarkan Kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradap, Persatuan Indonesia, Serta Kerakyatan Yang Di Pimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaran Perwakilan, Serta Untuk Mewujudkan Suatu Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia" 
  Norma hukum pokok serta yang di sebut pokok keindahan fundumental dari suatu negara itu dalam hukum mempunyai hakikat serta kedudukan yang tetap, kuat, dan tidak berubah bagi negara yang di bentuk dengan kata lain. dengan jalan lain hukum tidakbisa di ubah-ubah. Fungsi pancasila sebagai pokok landasan kaidah yang hak. hal tersebut sangat penting sekali yang di karenakan UUD (undang-undang dasar) harus bersumber serta berada di bawah poko landasan yang hak.

  Sebagai dasar negara pancasila di perlukan untuk bisa mengatur seluruh tatanan kehidupan dalam suatu bangsa indonesia, dalam arti, segala sesuatu yang berkaitan degan pelaksanaan suatu sistem ketatanegaraan (Negar kesatuan republik indonesia NKRI) haruslah berdasarkan pancasila. hal tersebut berarti juga bahwa semua peraturan yang ada berlaku di negara republik indonesia harus bersumberkan pancasila.

Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia. Dengan artian pancasila yang di jadikan sebagai dasar untuk bisa mengatur kelancaran dalam penyelenggaraan pemerintahan negara.
Pancasila Menurut Ketetapan MPR No.III/MPR/2000 merupakan "sumber hukum dasar nasional"
Fungsi dari Pancasila

  Dalam kedudukan sebagai negara dasar negara, maka pancasila berfungsi sebagai.
Sumber dari segala hukum yang berlaku (sumber tertib hukum) Negara indonesia. dengan demikian pancasila yaitu:

  1. Asas kerohanian tertib hukum indonesia;
  2. Cita-cita hukum bagi hukum dasar negara;
  3. Suasana kebatinan dari UUD;
  4. Pandangan hidup bangsa indonesia;
  5. Pancasila sebagai jiwa bangsa indonesia;
  6. Pancasila ialah sebagai kepribadian bangsa indonesia. yang berarti pancasila lahir bersama dengan lahirnya bangsa indonesia serta menjadi ciri khas bangsa indonesia dalam sikap mental atupun tingkah lakunya. sehingga bisa membedakan dengan bangsa lain;
  7.  Perjanjian luhur, berarti pancasila telah di sepakati secara nasional sebagai dasar negara. pada tanggal 18 Agustus 1945 melalui sidang PPKI (panitia persiapan kemerdekaan indonesia)
  8. Sumber dari berbagai macam sumber tertib hukum berarti, bahwa segala peraturan perundang-undangn yang telah berlaku di indonesia harus bersumber pada pancasila atu bahkan tidak bertentangan dengan pancasila.
  9. Cita-cita yang akan di capai Bangsa indonesia. ialah masyarakat adil serta makmur yang merata materil serta spiritual yang berdasarkan pancasila.
  10. Pancasila sebagai ideologi bangsa indonesia.
  11. Pancasila sebagai falsafat hidup yang mempersatukan bangsa indonesia.


Makna dari pancasila 

  • Nilai-nilai dari pancasila dasarnya ialah nilai filsafat yang sifatnya mendasar.
  • Pancasila sebagai dasar negara yang mengandung makna bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila, menjadi dasar atau menjadi pedonam bagi penyelenggara bernegara.
  • Nilai dasar pancasila ialah bersifat abstrak, normatif sertanilai itu menjadi motifator kegiatan dalam penyelenggaraan bernegara.

  Itulah tadi penjelasan tentang pengertian pancasila sebagai dasar negara yang harus kamu ketahui dan kamu fahami, agar nantinya jika kamu menjadi orang di atas tidak salah kaparah.
sampai jumpa pada artikel berkut nya.

0 Response to "Inilah Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Ideologi terbuka Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel