Ilmu Penunjang Geografi Menurut para ahli yang harus kamu ketahui

Ilmu penunjang geografi.
  Untuk lebih memperjelas ruang lingkup geografi Dibawah ini adalah beberapa disiplin ilmu yang berkaitan erat dengan geografi, atau sebagai cabang-cabang dari geografi.

Geologi.
 Adalah Ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan: yaitu mulai dari kejadian, struktur, komposisi, sejarah serta proses perkembangannya.

Geofisika.
  AdalahI lmu yang mengkaji sifat-sifat bagian dalam bumi dengan metode teknik fisika. Contohnya seperti mengukur kekuatan gempa bumi, gravitasi bumi, serta medan magnet bumi.

Meteorologi.
  Adalah Ilmu yang mempelajari fenomena atmosfer, Contohnya seperti udara, cuaca alam, suhu udara dan angin.

Astronomi.
  Adalah Ilmu yang mempelajari benda-benda langit di luar angkasa atau atmosfer bumi. seperti matahari, bulan, Bintang serta luar angkasa.

Biogeografi.
  Adalah Studi tentang persebaran makhluk hidup secara geografis yang ada di muka bumi.

Geomorfologi.
  Adalah Studi tentang bentuk bentuk muka bumi dan segala proses yang dapat menghasilkan bentuk-bentuk tersebut.

Hidrografi.
  Adalah Ilmu yang berhubungan dengan pencatatan, survei serta pemetaan Wilayah perairan seperti laut, Danau serta sungai.

Oseanografi.
  Adalah Ilmu yang mempelajari tentang kelautan, contohnya sifat air laut, pasang surut air laut, pasang surut, derasnya arus serta kedalaman laut.

Paleontologi
  Adalah Ilmu yang mengkaji tentang fosil-fosil dan juga bentuk-bentuk kehidupan di masa purba (prasejarah) yang terdapat dibawah lapisan lapisan bumi.

Antropogeografi.
  Adalah Cabang geografi yaituu ilmu yangF mempelajari tentang penyebaran bangsa-bangsa yang ada di muka bumi dilihat dari sudut geografis, Oleh karena itu disebut juga etnografi.

Geografi-matematika.
  Adalah Ilmu geografi yang berkenaan dengan perhitungan bentuk, ukuran dan juga gerakan bumi. lintang dan bujur, Meridian, paralel serta luas permukaan bumi. (kadang pula disebut juga geografi teknik).

Geografi sejarah.
  Adalah Cabang geografi yang mempelajari bumi dari sudut sejarah dan perkembangannya.

Geografi regional.
  Adalah Cabang geografi yang mempelajari suatu kawasan tertentu secara khusus. Contohnya seperti Geografi regional Asia, Geografi regional Amerika serta Geografi regional Australia.

Geografi politik.
  Adalah Cabang geografi yang mengkhususkan serta mengkaji kondisi geografi pada suatu wilayah dari segi politik.

Geografi fisik.
  Adalah Cabang geografi yang mengkaji tentang bentuk serta struktur permukaan bumi, yaitu aspek geomorfologi, hidrologi, geologi, metreologi, Dandi matologi.

Geografi manusia.
  Adalah Cabang geografi yang mengkaji tentang aspek sosial, ekonomi serta budaya penduduk.

  Demikianlah pembahasan yang saya sampaikan jika ada yang lebih detail lagi anda bisa tinggalkan coretan pada kolom komentar. Semoga dapat membantu anda dalam menyelesaikan tugas. sampaijumpa pada artikel berikut nya.

0 Response to "Ilmu Penunjang Geografi Menurut para ahli yang harus kamu ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel