Pengaruh keunggulan lokasi terhadap kegiatan ekonomi transportasi dan komunikasi masyarakat di Indonesia

  Wilayah Indonesia terletak di daerah tropis atau lintang rendah. Sehingga bisa mengakibatkan penyinaran matahari yang berlangsung sepanjang tahun nya. Dengan jumlah penyinaran matahari yang hampir sama untuk setiap hari nya. Tingginya intensitas sinar matahari menjadi penyebab Indonesia beriklim tropis. Iklim di negara Indonesia juga bisa dipengaruhi oleh lokasi dari kepulauan Indonesia, yang diapit oleh dua benua. Yaitu benua Asia dan Benua Australia. Sehingga dapat menyebabkan negara Indonesia yang memiliki iklim dan musim.

  Indonesia juga secara geografis memiliki letak yang cukup strategis. Karena selain terletak diantara benua Asia dan Benua Australia juga diapit oleh dua samudra. Dan samudra yaitu samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Posisi tersebut bisa memberikan nilai tambahan bagi negara Indonesia untuk melakukan hubungan perdagangan internasional dengan negara-negara lain di dunia. Selain itu, Kita juga bisa tahu bahwa negara Indonesia memiliki kondisi tanah yang sangat subur.


  Kondisi geografis di Indonesia tentu berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi, produksi, distribusi, dan konsumsi. Transportasi dan komunikasi. Di wilayah Indonesia yang luas menyebabkan perbedaan keunggulan lokasi dalam suatu daerah. Kondisi tersebut yang menyebabkan terjadinya saling ketergantungan, saling membutuhkan satu sama lain atau dengan kata lain terjadi konektivitas antar ruang dan waktu. Berbagai keunggulan lokasi di Indonesia juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kolonialisme di Indonesia pada masa lampau. Kondisi saling ketergantungan antara wilayah negara Indonesia sebenarnya sudah terjadi sejak masa lalu sampai saat ini. Negara Indonesia sebenarnya sudah terjadi sejak masa lalu sampai saat ini. Dan akan terus berlangsung untuk waktu ke waktu yang akan datang.

Jika dilihat secara astronomi, negara Indonesia terletak di garis khatulistiwa yaitu 6°LU-11°LS dan antara 95°BT-141BT. Dan sedangkan secara geografis letak negara Indonesia diantara dua samudra Pasifik dan Hindia serta dua benua. Dan benua tersebut yaitu benua Asia dan benua Australia. Kekayaan tanah air Indonesia bisa berpengaruh pada iklim "geostrategis" dari kondisi tanah. Hal inilah yang disebut memberikan keuntungan yang sangat besar bagi pra sejarah perjalanan bangsa Indonesia sejak dulu sampai sekarang.

  Indonesia memiliki iklim tropis yang diakibatkan dari letaknya yang berada di garis khatulistiwa. Setiap tahunnya negara Indonesia mengalami 2 musim. Yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Pergantian musim tersebut dipengaruhi oleh angin muson barat dan angin timur. Kondisi  dari iklim muson tropis sangatlah berpengaruh terhadap kondisi tanah di negara Indonesia. Kondisi tanah di negara Indonesia secara langsung berpengaruh pada kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia itu sendiri. Di Indonesia, kegiatan pertanian atau bercocok tanam berkebun berkembang pesat di berbagai wilayah dan daerah.

  Selain berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi. Keunggulan lokasi negara di Indonesia ini juga berpengaruh terhadap kegiatan transportasi dan komunikasi. Artinya ciri ciri kekayaan masyarakat di berbagai daerah di negara Indonesia yang mengakibatkan terjadinya hubungan saling membutuhkan dan ketergantungan di antara satu sama lain.

  Hal ini tentu saja bisa berdampak pada kegiatan ekonomi yang semakin bervariasi. Distribusi barang dan jasa terjadi di antara pulau. Kegiatan ekonomi tersebut mempengaruhi dan mempengaruhi oleh kegiatan transportasi dan komunikasi. Transportasi air, darat dan udara berkembang pesat di wilayah Indonesia untuk mendukung mobilitas manusia serta distribusi barang antara pulau satu ke pulau lain nya. Kemajuan teknologi dan informasi komunikasi semakin mendukung terjadinya kegiatan ekonomi di masyarakat Indonesia. Namun demikian, bangsa Indonesia harus selalu waspada, karena kemajuan transportasi teknologi, informasi dan komunikasi juga bisa membawa dampak buruk terutama bagi pengaruh bangsa asing yang bisa menyebabkan negatif.

  Keunggulan Indonesia juga membawa pengaruh terhadap kedatangan bangsa-bangsa asing ke Indonesia pada masa lampau, Salah satu dampak dari datang nya mereka adalah terjadinya penjajahan di Indonesia. Sejak zaman dahulu kekayaan Indonesia memang telah lama terus menerus sampai ke berbagai belahan dunia. Kondisi ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi bangsa-bangsa asing.

Keunikan wilayah dan heterogenitas Indonesia antara lain sebagai berikut:

A. Indonesia memiliki etnik dan kebudayaan yang begitu beraneka ragam.
B. Indonesia kaya akan flora dan fauna juga sumber daya alam yang cukup melimpah.
C. Indonesia menjadi pertemuan dari dua jalur pegunungan yaitu Sirkum Pasifik dan Mediterania.
D. Indonesia terletak pada garis khatulistiwa.
E. Indonesia merupakan negara maritim karena sebagian besar wilayahnya adalah laut.
F. Indonesia terletak antara dua benua dan dua samudra.
G. Indonesia berada pada iklim tropis dengan dua musim.
H. Indonesia terletak di tanah yang sangat subur sehingga berpeluang menjadi negara agraris.
I. Indonesia memiliki jumlah penduduk dalam yang sangat besar.

0 Response to "Pengaruh keunggulan lokasi terhadap kegiatan ekonomi transportasi dan komunikasi masyarakat di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel