Cara Menanaman Salak Pondoh yang baik dan benar

  Penanaman Salak Pondoh – salak pondoh adalah salah satu salak dengan kualitas yang terbaik. Salak pondoh biasanya memiliki bentuk kecil dan manis



Dalam penanamannya salak pondoh akan mengalami musim tanam pada sekitar bulan November atau saatnya musim penghujan. Salak membutuhkan banyak air, karena tanaman salak akan mudah menguap.

Untuk lebih jelasnya, mari perhatikan beberapa teknik menanam salak pondoh 

  • Tanam musim penghujan
  Air hujan sangat bermanfaat untuk membantu meringankan tenaga petani yang harus menyiram tanaman salak karena air yang dibutuhkan sangat banyak.

Daun tanaman salak sangat mudah untuk menguap, maka dari itu air dan kelembaban sangat dibutuhkan. Untuk menjaga kelembaban tanah dilakukan dengan menyiramnya, sedangkan mengukur kelembaban tanah dengan PH Meter Tanah.

  • Penanaman bibit
  Sebaiknya dalam satu lubang ditanam dengan dua bibit, karena bibit belum diketahui apa jenis gennya. Jadi, untuk penanaman lebih optimal masukan dua bibit tersebut. Namun, jangan tertukar atau tercambur dengan bibit salak pondoh jenis lain.

Untuk penanaman sebaiknya campurkan terlebih dahulu tanah dengan pupuk. Setelah bibit ditanam, siram air di sekeliling bibit agar tidak roboh ataupun rusak. Setelah itu pangkas sekitar 75% daun, karena semakin lebar daun akan mempercepat terjadinya penguapan.

  • Penyulaman
  Penyulaman ini dilakukan jika tanaman tidak tumbuh dengan sempurna dan mempunyai beberapa alasan. Jika akan melakukan tahap penyulaman sebaiknya ikat terlebih dahulu tanaman salak, lalu potong akar sekitar 75% dan tanam kembali ke lubang yang baru dan sudah ditambahkan dengan pupuk. Jangan lupa untuk memberi penopang agar tanaman tidak roboh, serta pemberian air agar tanah tetap lembab.

  • Pemupukan
  Pemupukan dilakukan dengan cara menmberi pupuk pada tanaman. biasanya pupuk yang digunakan adalah pupuk kendang, pupuk organic, dan pupuk buatan.

  • Penggemburan tanah
  Hal ini dilakukan untuk menambah kualitas tanah, hal ini biasanya dilakukan ketika akan diberi pupuk. Hati hati dalam melakukan penggemburan, agar tunas tidak mati.

  • Penyiangan dan pengairan
  Penyiangan dilakukan untuk menghilangkan rumput liar disekitar tanaman, sedangkan pengairan sangat dibutuhkan agar tanaman tetap lembab.

  • Pemangkasan daun
Daun dipangkas bertujuan untuk mengurangi kadar penguapan.

  • Penyerbukan
  Hal ini dapat dilakukan oleh tanaman sendiri atau dengan bantuan manusia. Namun jika menginginkan hasil yang baik maka lakukan penyerbukan dengan bantuan manusia.


0 Response to "Cara Menanaman Salak Pondoh yang baik dan benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel