Pilih Teh Hitam atau Teh Hijau untuk Turunkan Berat Badan anda?

Seiring meningkatnya angka obesitas di dunia, para ilmuwan dan dokter terus meneliti berbagai cara untuk menurunkan berat badan. Melalui penelitian terbaru, ditemukan fakta bahwa teh hitam dan teh hijau mampu membantu menurunkan berat badan.

Khasiat teh hitam terhadap kesehatan tubuh memang sering dipandang sebelah mata. Padahal, teh hitam memiliki efektifitas untuk menurunkan berat badan, namun dengan cara yang berbeda. Berdasarkan studi yang dipublikasikan di European Journal of Nutrition, teh hitam dan teh hijau mengandung polifenol.



Polifenol merupakan antioksidan yang kuat dan berfungsi untuk melindungi struktur sel (seperti DNA) terhadap radikal bebas. Peneliti juga melaporkan bahwa energi yang dikeluarkan atau kalori yang terbakar lebih banyak setelah mengonsumsi teh hitam.

Selain polifenol, teh hijau dan teh hitam juga mengandung kafein. Seperti yang telah kita ketahui bahwa kafein memiliki efek untuk membakar lemak dan meningkatkan pembakaran kalori.

Sekitar 200 mL teh hijau mengandung kafein sekitar 25-29 mg. Sementara itu 200 mL teh hitam mengandung kafein yang lebih besar yaitu 25-48mg. Berdasarkan kandungan kafein, teh hitam memang memiliki kandungan yang lebih besar dibandingkan dengan teh hijau. Namun, keduanya sama-sama efektif dalam menurunkan berat badan.

Suatu penelitian yang dilakukan pada sekelompok tikus juga menemukan fakta yang kurang lebih sama. Pada penelitian tersebut, tikus diberikan makanan yang berbeda selama empat minggu. Makanan tersebut merupakan kombinasi dari makanan tinggi lemak dan tinggi gula, dan ada yang ditambahkan ekstrak teh hitam serta ada pula yang ditambahkan ekstrak teh hijau.

Pada akhir minggu keempat, peneliti mendapatkan bahwa kelompok tikus yang mendapatkan teh hijau dan teh hitam, sama-sama mengalami penurunan berat badan dan penurunan kadar lemak. Jumlah bakteri buruk di usus besar pada kedua kelompok tikus juga berkurang.

Jadi, dapat dikatakan bahwa teh hitam dan teh hijau sama-sama dapat membantu menurunkan berat badan. Namun bila tidak terbiasa atau tidak bisa mengonsumsi kafein, maka teh hijau mungkin merupakan pilihan yang lebih baik bagi Anda.

0 Response to "Pilih Teh Hitam atau Teh Hijau untuk Turunkan Berat Badan anda?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel