6 Cara Mengatasi Kekurangan Daya Listrik dan Penyebabnya

  Listrik naik turun atau listrik kekurangan daya? Iya masalah ini sepertinya sudah merupakan masalah yang lumrah dan tentunya sering anda alami sehari-harinya. Tegangan listrik yang tidak stabil tersebut tentu tidak hanya menggangu jalannya arus listrik, namun juga pastinya akan sangat berpotensi merusak barang-barang elektronik yang anda gunakan dirumah


  Bagaimana tidak sobat, ketika barang-barang anda sedang anda gunakan dan terhubung dengan arus listrik, namun tiba-tiba harus mati seketika tanpa kita off terlebih dahulu, hal ini akan berdampak negatif pada barang-barang elektronik anda.

  Lagi asyik-asyik bekerja atau nonton TV tapi tiba-tiba lampu meredup dan mati akibat tegangan listrik berkurang? Hal ini sangatlah sering kita alami dan tentunya membuat konsentrasi jadi hilang serta membuat suasana hati tidak bersahabat. Tetapi apapun yang terjadi tetap sabar dan tetap coling down ya sobat.

  Oleh karena hal tersebut diatas, tidak heran banyak sekali masyarakat yang mengeluh ketika tegangan listrik tidak stabil atau mengalami kekurangan daya,karena hal ini akan sangat menggangu aktifitas sehari-hari. Baik dirumah, di kantor atauun ditempat kerja lainnya. Baca juga mengenai cara menghemat listrik pulsa.

  Dalam ulasan kali ini, penulis akan memberikan pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi kekurangan daya listrik, agar sobat semua bisa membagikan informasi ini kepada tetangga-tentangga anda dirumah. Yuk, mari kita bahas satu persatu.

Penyebab Terjadinya Kekurangan Daya Listrik

  Penyebab tegangan listrik tidak stabil atau kekurangan daya disebabkan oleh banyak hal, seperti jaringan listrik dirumah anda tidak standar, kabel yang digunakan tidak sesuai dengan kabel standar yang direkomendasikan  oleh PLN, atau mungkin juga trafo mengalami penurunan daya secara langsung dari PLN yang tidak stabil.

Meski demikian faktor umum yang paling sering terjadi dan dialami oleh masyarakat adalah terjadinya kelebihan beban daya yang memungkinkan terjadinya listrik mati hidup di beberapa tempat yang berbeda yang ada dalam satu wilayah.

Hal tersebut sering sekali dirasakan di Negara kita Indonesia tercinta ini , karena memang negara kita negarayang sedang  berkembang yang memiliki pasokan listrik tidak stabil dan tidak merata, sehingga naik turunnya listrik tersebut merupakan sebuah hal yang sudah sanagt sering terjadi dan sudah dianggap menjadi suatu hal yang wajar kendati mendatangkan dampak negatif bagi kalangan masyarakat.

Selain itu, under voltage atau tegangan turun disebabkan oleh oleh adanya low distribution voltage yang digunakan untuk men supply beban-beban yang memiliki tegangan arus tinggi (heavy load). Under voltage juga ditimbulkan oleh adanya proses switching off dari capasitor bank.

Dengan keadaan seperti diatas, penulis ingin membantu sobat-sobat semua untuk mengatasi masalah ini. Karena seyogyanya tidak ada masalah yang tidak bisa diatasi asalkan mau berusaha. Baca juga mengenai cara menghemat listrik pompa air.

Berikut ini penulis akan memberikan informasi tentang bagaimana cara mengatasi kekurangan daya listrik agar listrik dirumah sobat semua tidak naik turun lagi. Yuk langsung sja kita simak ulasan dibawah ini.

Cara Mengatasi Terjadinya Kekurangan Daya Listrik

  Berikut ini merupakan berbagai cara yang bisa anda gunakan dalam upaya mengatasi terjadinya kekurangan daya listrik, penjelasannya sebagai berikut 

Kurangi Impedansi Dari Sumber Kelistrikan

  Misalnya dengan menaikkan size transformer, mengurangi panjang kabel, ataupun memperbesar luas penampang kabel. Hal ini mungki jarang diketahui atau pun digunakan oleh masyarakat pada umumnya. Kurangnya pengetahuan mengenai kelistrikan yang menjadi salah satu faktor utama.

Lakukan Voltage Improvement

  Cara mengatasi terjadinya kekurangan daya listrik berikutnya ialah melakukan voltage improvement. Misalnya dengan melakukan adjustment pada tap setting trafo atau menambahkan voltage regulator atau automatic on load tap chargers. Baca juga mengenai cara membuat listrik tenaga angin.

Kurangi Kebutuhan Arus

  Misalnya dengan melakukan reloading atau pengoneksian ulang ke substation lain, sehingga kebutuhan arus dijalur tersebut dapat dikurangi. Pengurangan ini sangat tepat dilakukan untuk mengatasi kekurangan daya listrik dan penghematan listrik.

Memasang Shunt Capasitor Ata Vant Compensator

  Cara mengatasi terjadinya kekurangan daya listrik selanjutnya ialah dengan memasang shunt capasitor ata vant compensator. Cara ini tentu sangat asing di telinga masyarakat pada umumnya. Karena cara ini memang wajib dilakukan oleh orang yang ahli dibidang kelistrikan. Tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Memasang Stabilizer Listrik

  Disarankan untuk memasang stabilizer listrik dirumah ataupun dikantor anda. Stabilizer listrik ini biasa juga disebut dengan nama Stavol atau Stabilizer Voltage, atau AVR yaitu Automatic Voltage Regulator. Alat ini juga bisa digunakan sebagai salah satu cara membuat alat penghemat listrik yang tepat.

Fungsi alat ini adalah untuk menstabilkan tegangan arus listrik yang tidak stabil atau selalu naik turun. Sebaiknya jika menggunakan stabilizer listrik, pakailah stabilizer listrik yang baik mutunya dan jelas kualitasnya, karena hal tersebut akan sangat berpengaruh pada kestabilan arusn listrik dirumah anda.

Menggunakan UPS ( Uninterruptible Power Suply)

  Apakah anda mengenal benda ini? Iya, benda ini adalah benda yang fungsinya adalah sebagai pengganti listrik sementara, ketika kondisi listrik dirumah sedang mati-hidup atau turun naik.

Benda ini cukup popular dan banyak digunakan di kantor-kantor ataupun perusahaan, dimana UPS ini juga berfungsi sebagai tenaga listrik sementara sebelum mematikan server utama, sehingga server tidak down, sehingga data kantor adna akan tersimpan dengan aman dan tidak bocor.

UPS ini juga sering digunakan sebagai cadangan tenaga listrik apabila genset anda sedang bermasalah. Dengan adanya UPS ini diharapakan benda-benda elektronik anda tidak akan rusak karena tegangan listrik yang tidak stabil, karena dengan adanya UPS ini bisa dimanfaatkan sebagi pengganti listrik sementara.

Jika instalasi listrik anda telah berlangsung selama lima tahun, sebaiknya perlu untuk direhabilitasi. Hal ini berguna untuk menjaga agar instalasi listrik dirumah anda tetap sesuai dengan standar dan layak digunakan, juga untuk menjaga kemungkinan hal yang tidak diinginkan terjadi karena ketidakstabilan listrik dirumah anda.

Selain itu dalam kurun waktu lima tahun alat elektronik anda juga pastinya sudah bertambah. Pergunakanlah peralatan elektronik rumah tangga anda sesuai dengan daya yang tersambung pada meteran listrik rumah anda.

Selanjutnya jangan menggunakan barang elektronik secara bersamaan, misalnya menyalakan AC, menggunakan mesin cuci, menyetrika, memasak nasi di magic com, atau menggunakan dispenser secara bersamaan, karena hal tersebut akan menaikkan pemakain listrik secara drastis yang mengakibatkan tegangan listrik pasti berpotensi turun dan mati.

Pakailah barang-barang elektronik yang hemat listrik, misalnya Ac, kulkas atau mungkin bohlam rumah anda. Karena di era modern seperti sekarang ini sudah sangat banyak barang-barang elektronik dengan sistem hemat daya. Baca juga mengenai cara menyambung kabel listrik.

Jadi kalaupun anda menggunkan dua atau tiga brang elektronik sekaligus dalam waktu yang bersamaan, mungkin saja listrik anda tidak akan naik turun.

Itulah tips-tips yang penulis bagikan pada artikel mengenai cara mengatasi terjadinya kekurangan daya listrik kali ini ya sobat. Semoga artikel ini dapat menjawab masalah anda selama ini tentang cara mengatasi terjadinya kekurangan daya listrik yang sering anda alami. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

0 Response to "6 Cara Mengatasi Kekurangan Daya Listrik dan Penyebabnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel