5 Cara Mengatasi Kaktus yang Busuk dan Mati Secara Mudah

  Kepopuleran kaktus sebagai tanaman hias tidak pernah menurun. Walaupun berduri disekujur tubuhnya tetap memiliki bunga yang cantik. Tanaman ini unik, tidak butuh perhatian khusus, tidak manja dengan perawatan yang mudah. Dan juga bisa mendapatkan manfaat kaktus dalam ruangan, yaitu untuk menyerap bakteri, penghias ruangan agar terlihat cantik, dan lainnya


  Kaktus termasuk tanaman sukulen yang terbiasa hidup di daerah kering tapi tetap memerlukan air. Julukan sukulen diperuntukan untuk tanaman yang bagian tubuhnya mampu menyimpan air. Perlu hati-hati jika menyiram kaktus. Bisa mengakibatkan kebusukan jika asupan air terlalu banyak

  Kebusukan pada kaktus selain karena kelebihan air juga karena diserang bakteri dan jamur  atau cendawan. Lalu bagaimana mengatasi kaktus yang sudah terlanjur busuk? Berikut 5 langkah cara mengatasi kaktus yang busuk:

1. Membersihkan luka/busuk dari infeksi jamur

  Luka busuk yang lembek dan coklat dihilangkan hingga tersisa bagian daging putih kehijauan yang masih bertekstur kasar. Proses pembersihan dilakukan sesering mungkin tanpa air sama sekali. Bisa menggunakan tisu, kapas ataupun dipotong langsung.

2. Menaburkan bubuk fungisida

  Bubuk fungisida disebarkan pada tubuh kaktus yang terkena infeksi bukan bakteri. Penyebaran bubuk tersebut dilakukan secara merata setelah luka dibersihkan. Serbuknya dioleskan langsung pada luka batang kaktus. Jika yang diserangnya adalah akar maka penaburan tidak hanya fungisida tetapi ditambah dengan bubuk hormon pertumbuhan. Perbandingan bubuk fungisida dan hormon pertumbuhan adalah 1 : 1. Hal ini untuk memacu munculnya akar baru ketika tumbuh kembali

3. Mengeringkan kaktus

  Tahap selanjutnya yaitu pengeringan luka dengan diangin-anginkan tanpa kena sinar matahari langsung sebelum ditanam ulang. Umumnya pengeringan dilakukan selama 1-2 hari. Lamanya bisa relatif. Tergantung tingkat keparahan. Jika parah bisa berhari hari lebih dari pengeringan pada umumnya.

4. Penanaman kembali

  Perlakuan penanaman tergantung letak busuknya. Jika busuk pada kaktus di bagian batang maka kaktus yang sudah mendapatkan treatment bisa langsung ditanam dengan media tanam normal. Jika busuknya pada akar media tanam yang digunakan pasir malang halus yang disaring terlebih dahulu sebesar 70% dan sisanya 30% sekam bakar.

5. Meletakan kaktus di tempat yang tepat

  Tempat yang tepat bagi kaktus yaitu pada area yang tidak terkena hujan dan aman dari gangguan luar  tetapi mendapatkan sinar matahari cukup. Bisa ditempatkan di dalam ruangan rumah maupun perkantoran. Tempat ideal biasanya di green house karena sudah dikondisikan iklim mikronya. Jika ditempatkan di ruangan 4 hari sekali dibawa keluar untuk mendapatkan sinar matahari seharian.

  Uraian di atas merupakan cara mengatasi kaktus busuk yang terinfeksi jamur atau cendawan. Bagi pencinta tanaman, kaktus juga dimanfaatkan sebagai cara membuat green house dan cara membuat taman di rumah yang menarik.

0 Response to "5 Cara Mengatasi Kaktus yang Busuk dan Mati Secara Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel