4 Cara Budidaya Ikan Air Tawar agar Cepat Panen

  Ikan air tawar merupakan jenis ikan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat saat ini seperti jika anda melihat Cara Budidaya Ikan Nila, di pasar sendiri untuk pedagang yang menjual ikan air tawar jumlahnya tidak sebanyak penjual ikan lainnya.


  Hal ini karena memang ikan air tawar lebih mudah untuk di dapatkan, selain itu ikan air tawar juga memiliki harga yang lebih ekonomis.

  Dengan mudahnya serta harganya inilah membuat banyak sekali orang yang lebih suka mengolah daging ikan air tawar. Adapun jenis- jenis ikan air tawar yang sering kita jumpai di pasar di antaranya ada ikan nila, mujair, lele, hingga ikan gabus.

  Dan perlu anda ketahui pula bahwa kandungan gizi pada ikan air tawar sangatlah baik bagi kesehatan anda, ikan air tawar juga memiliki kandungan lemak serta garam yang sangat sedikit disbanding dengan jenis ikan laut yang memiliki banyak sekali kandungan garam.

Cara Budidaya Ikan Air Tawar Agar Cepat Panen

Ini tentunya sangatlah baik bagi anda yang ingin tetap menjaga kesehatan anda dari berbagai macam penyakit seperti darah tinggi dan stroke. Banyaknya penggemar ikan jenis air tawar membuat banyak orang menjalani bisnis budidaya ikan air tawar. Dan berbeda dengan Cara Budidaya Ikan Air Payau, adapun cara budidaya ikan air tawar agar cepat panen yang dapat anda coba.

  • Lokasi Budidaya
  Hal terpenting yang harus anda perhatikan agar ikan air tawar yang anda budidayakan cepat panen berbeda dengan Cara Budidaya Lobster Air Laut, yaitu pemilihan lokasi yang tepat. Untuk memilih lokasi anda harus benar- benar tahu bagaimana karakteristik dari ikan air tawar terlebih dahulu. Ini akan mempermudah anda dalam mencari lokasi yang tepat sehingga ikan air tawar anda bisa cepat dipanen.

Dan hal yang harus anda perhatikan yaitu :

  • Usahakan bahwa untuk lokasi yang anda gunakan merupakan lokasi yang jauh dari keramaian. Hal ini karena dengan suasana yang tenang dan sunyi, ikan air tawar anda dapat tumbuh dengan lebih baik dan tidak mudah stress.
  • Pastikan bahwa lingkungan bersih dan terbebas dari limbah, ini sangat penting untuk menjaga kesehatan serta kandungan nutrisi pada dagingnya.
  • Anda bisa memilih lokasi yang sedikit teduh dan tidak terlalu banyak terkena sinar matahari untuk merangsang hormon pertumbuhan pada ikan sehingga ikan air tawar anda akan lebih cepat besar dan dapat segera di panen.
  • Jika anda memiliki lahan luas di belakang rumah seperti pekarangan, anda bisa memakainya, dan bersihkan terlebih dahulu dari kotoran ataupun rumput liar yang tumbuh.

  • Media Budidaya

  Untuk media budidaya yang bisa anda gunakan dalam cara budidaya ikan air tawar agar cepat panen berbeda dengan Cara Budidaya Sun Conure, yang sebenarnya bermacam- macam. Anda bisa menggunakan media keramba, kolam semen, kolam terpal, kolam tanah, hingga aquarium. Namun adapun cara khusus agar ikan air tawar anda selain cepat juga mudah dipanen.

Cara ini terbilang sangat sederhana dan mudah yaitu :

Sediakan kain ataupun terpal dengan warna gelap dan memiliki celah ataupun serat yang sekiranya udara dapat mudah masuk.
Gunakan kain tersebut untuk menutup permukaan media budidaya anda agar cahaya tidak masuk, sehingga kondisi di dalam kolam ataupun aquarium menjadi gelap.
Lakukan hal ini saat menjelang sore agar pencahayaan menjadi berkurang.
Dengan pencahayaan matahari, hormon pertumbuhan pada tubuh ikan akan terangsang sehingga ikan akan memiliki pertumbuhan yang sangat cepat.
Dengan percepatan pertumbuhan pada ikan air tawar anda, anda sudah bisa mulai memanennya dalam waktu beberapa bulan saja

  • Bibit Ikan Air Tawar

Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting berbeda dengan Cara Budidaya Lele , yaitu menyiapkan bibit ikan air tawar. Untuk menyiapkannya, terlebih dahulu anda harus memilih jenis ikan air tawar yang ingin anda budidayakan.


Sebagai pilihan alternatif, anda bisa memilih beberapa jenis ikan air tawar yang mudah untuk di budidayakan dengan proses pemeliharaan yang mudah dan ekonomis. Dan adapun tips dalam menyiapkan bibit ikan air tawar agar cepat panen :

Pertama perhatikan bibit ikan air tawar yang anda inginkan, untuk mendapatkan bibit ikan air tawar sebaiknya anda membelinya di koperasi perikanan yang benar- benar menyediakan jenis bibit air tawar.
  • Pentingnya bagi anda untuk memilih bibit yang berkualitas dan siap dibudidayakan.
  • Adapun ciri bibit yang berkualitas yaitu dari ujung kepala hingga ekor tidak cacat dan tidak berpenyakit.
  • Perhatikan juga kelincahan bibit saat berenang, bibit yang baik akan berenang dengan lincah dan hanya akan berhenti pada saat tertentu saja.
  • Perhatikan juga tingkat ketenangan pada bibit, jika bibit ikan air tawar terlalu lincah dan tidak dapat berhenti, lebih baik anda memilih bibit yang lain. Ini merupakan salah satu gejala stress pada ikan air tawar, jika bibit mudah stress maka itu bukan bibit yang layak budidaya.
  • Usahakan pula bibit memiliki warna dan ukuran tubuh yang sama.
  • Untuk ukuran bibit ikan air tawar yang baik agar cepat panen yaitu bibit telah memiliki panjang sekitar 7 hingga 9 cm.

  • Pemeliharaan Dan Panen

Adapun cara pemeliharaan yang baik pada cara budidaya ikan air tawar cepat panen berbeda dengan pemeliharaan ikan air tawar pada umumnya. Ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan yaitu dalam pemberian pakan dan kebersihan.


Dalam hal ini anda tidak bisa meremehkannya, hal ini karena pertumbuhan serta kelangsungan hidup ikan air tawar anda tergantung dari proses pemeliharaan yang anda lakukan. agar ikan air tawar cepat panen, berikut cara pemeliharaan yang tepat :

  • Dalam pemberian pakan, anda bisa memberinya sebanyak 3 kali sehari dengan komposisi 2 kali makanan pokok dan 1 kali makanan tambahan.
  • Untuk makanan pokok, anda bisa memberikan pellet pakan ikan yang mengandung karbohidrat, lemak, kalori, vitamin, mineral, dan protein. Semakin tinggi jumlah prosentase kandungan nutrisi pada sebuah bahan pakan akan semakin baik pula. Saat masih bibit anda bisa memberikannya dalam jumlah sedang dan cukup, ini sangat baik untuk menunjang pertumbuhan mereka.
  • Dan untuk makanan tambahan, anda bisa memberinya potongan sayuran hijau yang memiliki kandungan serat yang baik. Selain menunjang pertumbuhan dan menutrisi ikan anda, sayuran juga sangat baik untuk melancarkan proses pencernaan ikan anda.
  • Adapu pemberian vitamin dan mineral yang harus anda berikan agar ikan anda gemuk dan sehat. Anda bisa mendapatkannya di berbagai toko hewan.
  • Selain pakan, anda juga harus memperhatikan kebersihan pada media budidaya anda. Gantilah air selama 1hingga 2 minggu sekali bila perlu, anda tidak perlu mengganti air jika anda membudidayakan ikan lele.
  • Untuk ikan air tawar yang menggunakan cara tersebut sudah bisa dipanen maksimal dalam waktu 3 bulan saja.
  Cara budidaya ikan air tawar cepat di atas sangatlah mudah dan sangat ekonomis, dengan melakukannya secara tepat dan cermat maka anda akan sukses dengan memperoleh hasil panen yang melimpah dalam waktu yang cepat. Semoga informasi yang kami sampaikan di atas berguna bagi anda. Selamat mencoba.

0 Response to "4 Cara Budidaya Ikan Air Tawar agar Cepat Panen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel