12 Manfaat Kaktus dalam Ruangan dan Cara Peletakannya

Ruangan yang sehat dan nyaman tentu dambaan setiap orang. Dibutuhkan pemanis dekorasi yang tepat untuk mewujudkannya. Kaktus salah satu indoor plant (tanaman di dalam ruangan) yang banyak diminati.

Kaktus merupakan tanaman kaya manfaat dengan perawatan rendah serta terlihat unik sebagai tanaman hias. Banyak manfaat dari penempatan kaktus sebagai indoor plant.

Yuk simak 7 manfaat kaktus dalam ruangan berikut ini:

1. Pemanis Dekorasi / Hiasan Ruangan

  Kaktus dalam ruangan memberi warna tersendiri. Walaupun berduri namun memiliki bunga yang indah . Keindahannya membuat orang kerap kali menjadikannya hiasan, souvenir atau pemanis dekorasi event indoor. Ketika kaktus akan disimpan di dalam ruangan bisa hanya di dalam pot atau dapat juga dibentuk dan ditata cantik menjadi terrarium. Sebagai referensi,

2. Pengusir Bakteri dan Polusi dalam Ruangan

  Duri merupakan modifikasi daun pada kaktus mampu menangkap debu dalam ruangan. Selain itu ternyata menurut penelitian kaktus juga mengandung Mucilago. Kandungan ini pada dasarnya mampu melindungi dari sinar matahari.  Namun jika diletakan pada ruangan kandungan gula dan karbohidrat mampu mengikat partikel halus di udara dan membunuh bakteri di dalam ruangan. Karena kemampuannya tersebut kerap kali kaktus digunakan sebagai penjernih air.

3. Memfilter Udara dan Menyuplai Oksigen

  Kemampuan kaktus yang mampu menangkap bakteri dan polutan menyebabkan udara menjadi bersih. Co2 di udara diserapnya untuk proses fotosintesis dan menghasilkan O2 yang berguna untuk kita bernafas. Sehingga keberadaan kaktus mampu memfilter udara dan menyuplai oksigen untuk kita bernafas.

4. Tidur Lebih Berkualitas

  Peletakkan kaktus di kamar tidur akan membuat tidur lebih nyenyak. Mengapa? Karena kaktus tidak seperti tumbuhan pada umumnya yang mengeluarkan CO2 di malam hari. Justru kaktus menyerap CO2 dari lingkungan kamar disimpan di vakuola untuk bahan fotosintesis di siang hari. sehingga supply oksigen di malam hari tetap baik. Kebutuhan oksigen yang baik akan menjadikan tidur lebih berkualitas.

5. Menyerap Radiasi dan Menetralkan Gelombang Elektromagnetik

  Tanpa kita sadari ruangan yang terdapat komputer, televisi, radio dan alatelektronik lainnya menghasilkan gelombang elektromagnetik yang tidak terlihat mata telanjang. Keberadaan kaktus di ruangan mampu menyerap dan menetralkan gelombang elektromagnetik dan radiasi ruangan yang membahayakan tubuh kita.

6. Memberi Kesan Natural

  Warna hijau menimbulkan kesan natural. Kaktus menjadi unsure softscape yang memberikan sentuhan eksotis ruangan. Sehingga menghilangkan kekakuan dan kemonotonan pada ruangan akibat unsur hardscape yang membentuk ruangan. Menciptakan ruangan yang harmoni, selaras dan seimbang.

7. Merangsang Konsentrasi dan Mengurasi Stress

  Oksigen yang cukup, udara yang bersih pada ruangan membuat ruangan menjadi nyaman. Ditambah keindahan yang ditimbulkan kaktus secara natural menjadikan pikiran rileks dan enjoy. Dengan begitu dapat merangsang konsentrasi yang baik untuk otak manusia.

Setelah mengetahui 7 manfaat kaktus dalam ruangan, apa Anda tertarik merawat kaktus dalam ruangan? Bagaimana cara mempercantik ruangan dengan kaktus? Cara meletakan kaktus pada ruangan tergolong mudah. Begitu pula cara merawat kaktus pada ruangan.

Langkah Mudah Meletakan Kaktus dalam Ruangan

1. Siapkan Kaktus yang Akan Ditanam dan Pot yang Terbuat dari Tanah Liat

  Bahan yang diperlukan tentunya kaktus yang paling kita sukai dan pot. Disarankan memilih pot yang sedikit kasar dan tidak perlu dilapisi. Terdapat sistem drainase yang optimal dengan adanya lubang di bawahnya. Sehingga pot mudah kering dan mencegah dari kebusukan.

2. Menyiapkan Media Tanam

  Perlu adanya beberapa campuran bahan untuk media tumbuh kaktus. Campuran bahan tersebut diantaranya serasah, perlit tanah yang gembur, sabut, pasir dan batu. Campuran tersebut dimasukan kedalam pot yang telah disediakan. Sebaiknya tidak diisi penuh sampai batas pot tetapi diberi jarak 2 inchi untuk ruang tumbuh kaktus.

3. Meletakan Kaktus di Ruangan yang Anda Inginkan

  Sinar matahari tetap diperlukan kaktus untuk proses fotosintesis. Penyimpanan sebaiknya di bawah jendela yang terkena sinar matahari. Namun jika berada di ruangan yang tidak masuk matahari pun tidak masalah. Hanya saja setiap 4 hari sekali dibawa keluar untuk mendapatkan sinar matahari seharian

4. Penyiraman dan Perawatan

  Penyiraman tetap diperlukan walaupun kaktus tahan kering. Intensitas penyiraman tidak harus sering apalagi setiap hari. Hanya perlu seminggu sekali untuk menjaga kelembapan kaktus atau ketika kaktus dirasa sudah kering. Cara mendeteksi kaktus telah kering yaitu dengan memasukan jari kita sedalam 0,5 inchi. Meski tidak memerlukan banyak air jangan sampai intensitas air berkurang. Karena akan menyebabkan kaktus mudah busuk.

5. Repotting

  Penggantian pot atau repotting diperlukan apabila kaktus telah berbunga dan membesar. Diperlukan media tanam untuk menunjang nutrisi kaktus yang lebih banyak dan tempat tumbuh yang lebih baik.

Itulah 7 manfaat kaktus dalam ruangan dan 5 cara meletakan kaktus di ruangan. Selain kaktus, untuk mempercantik ruangan rumah, Anda juga bisa mencoba cara membuat hiasan dinding dari kain flanel atau hiasan dinding dari barang bekas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


0 Response to "12 Manfaat Kaktus dalam Ruangan dan Cara Peletakannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel